Selasa, 13 Desember 2016

Kersen, Buah Nostalgia Jaman Kanak-Kanak Yang Banyak Manfaatnya

 Jika anda sudah dewasa saat ini, mungkin anda tersenyum saat mengingat pernah makan buah kersen semasa kanak-kanak. Ternyata buah kersen yang sering kita makan waktu kecil menyimpan manfaat yang sangat hebat. Simak saja pembahasan kami seputar Kersen, Buah Nostalgia Jaman Kanak-Kanak Yang Banyak Manfaatnya

kersen, buah nostalgia jaman kanak-kanak yang banyak manfaatnya


Kersen, Buah Nostalgia Jaman Kanak-Kanak Yang Banyak Manfaatnya - Buah kersen atau nama lainnya buah talok tergolong dalam keluarga buah-buahan berukuran kecil yang rasanya manis. Buah kersen muda berwarna hijau muda dan warnanya akan berubah menjadi merah terang ketika buah sudah masak. Di Indonesia, buah kersen memiliki banyak nama. Sebut saja cerry, baleci, keres, dan keresen. Kita bisa menemukan buah ini dengan mudah dipinggiran jalan atau sekitar pekarangan rumah karena tumbuhan ini biasanya dijadikan sebagai pohon peneduh. 

Kandungan  kimia dalam buah kersen antara lain vitamin, mineral, serat, karbohidrat, lemak, beta-karoten, fosfor, protein, kalsium, zat besi, niacin, riboflavin, thianin, dan banyak lagi kandungan lain yang berguna bagi kesehatan. Dibalik rasanya yang manis dan ukurannya yang super mini ternyata terdapat khasiat yang sangat luar biasa untuk kesehatan kita. 

Manfaat buah kersen untuk kesehatan

  • Antibakteri

Sifat antibakteri yang dikandung buah kersen berguna bagi tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi kersen, tubuh akan lebih kebal dari serangan bakteri jahat penyebab penyakit. Hal yang sama juga diungkapkan oleh para peneliti.
  • Antioksidan

Selain sebagai antibakteri, kersen juga memiliki kandungan senyawa antioksidan yang tinggi. Senyawa ini memiliki peran menguatkan sistem pertahanan tubuh dan menangkal radikal bebas yang dapat mengakibatkan kanker.
  • Antiseptik

Daun kersen juga dapat dimanfaatkan. Yakni dengan cara direbus. Air rebusan ini dapat membunuh bakteri atau mikroorganisme lain sehingga dengan kata lain daun kersen dapat digunakan sebagai antiseptik. Bakteri yang terbunuh oleh daun kersen antara lain S. Aureus, P. Vulgaris, C. Diphtheriae, S. Epidermis, serta K. Rhizophil. Sifat antiseptik ini didapat dari kandungan daun kersen yakni flavonoid, tanin, dan saponin.
  • Anti-inflamasi

Rebusan daun kersen juga mempunyai sifat anti-inflamasi atau bisa disebut juga dengan anti peradangan. Selain itu rebusan tersebut juga bisa menurunkan demam.
  • Pencegah tumor

Daun kersen juga diketahui dapat mencegah tumbuhnya tumor dalam tubuh. Flavonoid yang dikandung dalam daun kersen dilaporkan bisa menjadi penghambat pertumbuhan sel tumor.
  • Obat untuk asam urat

Di Negeri ini, tidak jarang buah kersen digunakan sebagai obat asam urat. Buah kersen juga diketahui bisa mengurangi sakit yang ditimbulkan oleh penyakit asam urat.
  • Melindungi Jantung

Ekstrak daun kersen telah terbukti dapat melindungi miokardium yang berakibat pada penurunan signifikan dalam pembatas kebocoran enzim.
  • Kram perut

Tidak hanya buah dan daun, ternyata bunga kersen juga dapat dimanfaatkan. Yakni sebagai antiseptik dan untuk pengobatan kram perut. Cara mengolahnya pun cukup mudah yaitu dengan merebus bunganya lalu meminum airnya.
  • Anti kanker

Suatu studi menemukan keberadaan sifat anti kanker dalam pohon kersen. Hal ini disebabkan oleh kandungan flavonoid sitotoksik baru di dalam akar pohon kersen.
  • Kandungan vitamin C yang cukup

Penelitian menunjukkan bahwa seratus gram buah kersen sudah setara dengan seratus lima puluh miligram vitamin C. Dengan kandungan C yang cukup ini, maka dapat mencegah terjadinya penyakit flu dan pilek.
  • Pereda sakit kepala

Sebagian orang percaya bahwa kandungan alami dalam buah kersen dapat melancarkan aliran darah pada kepala yang berdampak pada redanya sakit kepala.

Manfaat Daun Kersen

Tanaman buah kersen tak hanya bermanfaat di bagian buahnya saja. Daun tanaman kersen juga tak kalah berkhasiatnya dengan buah kersen. Daun tanaman kersen dapat diolah menjadi teh yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh.
Cara pembuatannya cukup tidak sulit, cukup dengan mengeringkan daun kersen lalu seduh dengan air panas. Air panas yang tadinya bening akan berubah seperti air teh pada umumnya. Silahkan anda minum sehari dua kali untuk menurunkan tekanan darah tinggi, bagi yang menderita hipertensi.

Bagaimana? luar biasa bukan manfaat buah kersen ini? Jika sekarang anda mulai mengetaui apa saja khasiat kesehatan dari pohon kersen ini, anda dapat mencoba untuk menam\namnya sendiri di sekitar rumah. Sekian informasi seputar Kersen, Buah Nostalgia Jaman Kanak-Kanak Yang Banyak Manfaatnya. Semoga bermanfaat.

Kersen, Buah Nostalgia Jaman Kanak-Kanak Yang Banyak Manfaatnya

0 komentar:

Posting Komentar